Saturday, February 26, 2011

Siapa Muammar Al-Gaddafi




Muammar Gaddafi adalah pemimpin yang paling lama berkuasa di Afrika dan dunia Arab. Ia memerintah Libya sejak menggulingkan Raja Idris I pada usia 27 tahun.
Dikenal sebagai pemimpin yang dekat dengan senjata dan wanita, Gaddafi juga dianggap sebagai seorang ahli politik yang terkenal membawa negaranya keluar dari kekangan diplomatik.
"Dia unik dalam bahasa, dalam perilakunya, dalam praktik dan dalam strategi politiknya," kata analis Libya, Saad Djebbar. "Tapi dia seorang ahli politik cerdas, jangan salah, ia adalah ahli politik yang paling hebat di turutan pertama."
Keturunan Badui
Muammar Gaddafi lahir di gurun pasir dekat Sirte tahun 1942.
Di masa mudanya ia mengkagumi Gamal Abdel Nasser (Mesir). Gaddafi pertama kali berencana untuk menggulingkan monarki di institusi militer, dan menerima latihan ketenteraan di Inggris sebelum kembali ke kota Benghazi, Libya dan melakukan rampasan kuasa di sana pada tanggal 1 September 1969.
Pada tahun 1970 ia mengeluarkan buku berjudul Green Book, yang memetakan alternatif sosialisme dan kapitalisme, dikombinasikan dengan aspek-aspek Islam. Pada tahun 1977 ia memperkenalkan sistem yang disebut "Jamahiriya" atau "negara rakyat", di mana kekuasaan dipegang oleh ribuan "persatuan rakyat".
Dalam setiap perjalanan ke luar negeri, ia mendirikan camp di khemah Badui yang mewah dan disertai dengan pengawal perempuan bersenjata. Sebuah khemah juga selalu digunakan untuk menerima tamu.
Anjing Gila
Penolakan program diplomatik terhadap Libya bermula pada pemerintahan Kolonel Gaddafi untuk sejumlah kelompok militan, termasuk Tentara Republik Irlandia dan Organisasi Pembebasan Palestina.
Presiden AS Ronald Reagan menyebut Gadadu sebagai "anjing gila", dan Amerika Syarikat menganggap penglibatan Libya dalam serangan di Eropah dengan serangan udara di Tripoli dan Benghazi pada tahun 1986. Gaddafi sendiri dikatakan sangat sedih oleh pengeboman itu, di mana anak angkatnya juga terbunuh.
Pada tahun 1990-an, ia berpaling pada Afrika setelah usahanya untuk menyatukan dunia Arab ditolak, dan ia mengusulkan sebuah "Amerika Syarikat" yang lain untuk benua Afrika. Tahun 2008 200 King Afrika dan pemimpin tempatan menganggap Gaddafi King of Kings of Africa. [5]
Ia mengadopsikan pakaiannya dengan lambang dari benua Afrika atau potret para pemimpin Afrika. Gaddafi selalu disebut sebagai pengganas dari Islam. Pada 23 Februari 2011 Gaddafi dilaporkan telah hilang kekuasaan dalam pemerintahanya..

0 comments:

Post a Comment

Free Backlink